Tips mengatasi Keylogger

Sabtu, 24 September 2011

Keylogger adalah sebuah software atau program yang berjalan secara sembunyi-sembunyi (tidak terlihat dengan mata) pada komputer tertentu guna merekam setiap kegiatan yang menggunakan keyboard sebagai media input data. Jadi setiap huruf (caracter) atau angka yang ditekan pada keyboard secara otomatis direkam oleh keylogger atau bahkan tidak hanya merekam melainkan meneruskan hasil rekaman tersebut ke orang lain melalui jaringan internet.

Dengan adanya keylogger pada komputer tentu mengisyaratkan kepada kita bahwa harus lebih berhati-hati karena semua tindakan kita pada keyboard akan direkam oleh keylogger. Tidak masalah apabila kita mengetikan sesuatu yang tidak penting akan tetapi bagaimana kalau kita melakukan transaksi di internet pada komputer tersebut ? tentu semua data tentang kita akan terekam dengan mudah oleh keylogger, seperti nama, password, pin dan lain-lain yang berhubungan dengan transaksi.

Keylogger ini sering dipasang pada komputer-komputer yang digunakan secara bersama-sama seperti warnet, laboratorium komputer dan lain. Oleh karena itu berhati-hatilah terhadap komputer yang sering digunakan bersama untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti keylogger.

Untuk mengatasi masalah keylogger sebaiknya ikuti sedikit tips sederhana berikut ini.


  • Gunakan software pendeteksi keylogger yang menurut anda cukup baik, namun perlu diingat bahwa di dunia internet tidak ada yang aman 100% jadi jangan berharap terlalu banyak dengan software pendeteksi keylogger ataupun software antivirus tertentu.
  • Gantilah password anda secara periodik untuk menghindari penjiblakan password serta user name untuk transaksi penting anda di internet.
  • Gunakan komputer yang tidak digunakan oleh banyak orang seperti warnet, lab komputer, tempat kerja karena memungkinkan untuk ditempatkannya keylogger untuk merekam data-data kita.
  • Gantilah password anda setelah menggunakan password tersebut pada komputer yang sering digunakan banyak orang, namun jangan mengganti password anda pada komputer yang sama.
  • Mengakali penulisan password pada aplikasi lain kemudian gunakan copy paste sehingga tidak terdeteksi oleh keylogger karena keylogger hanya merekam semua aksi pada keyboard akan tetapi tidak dengan pergerakan mouse. Namun bisa juga terjadi apabila keylogger menggunakan screen shot untuk mengambil gambar pada saat kita mengetikan data kita.
Hati-hatilah selalu dan ingat !!! Tidak ada yang aman 100% di dunia internet, secanggih apapun antivirus tidak akan bisa mengatasi virus-virus baru, begitu juga dengan software yang mengatakan mampu mengatasi keylogger.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...