Cara Membuat Surat Kuasa

Senin, 08 Agustus 2011


Cara Membuat Surat Kuasa – Surat kuasa adalah surat untuk bukti pengalihan kekuasaan atas wewenang untuk mewakili kepentingan dari pemberi kuasa. Hal itu merujuk dari Pasal 1972 BW yang merupakan dasar pemberian kuasa. Dengan demikian surat kuasa merupakan bukti yang sah atas pengalihan kuasa tersebut. Untuk itu di sini kami mencoba untuk memberikan contoh surat kuasa dan juga cara membuat surat kuasa.
Cara membuat surat kuasa langkah – langkahnya adalah:
1. Tulis judul di atas yaitu surat kuasa
2. Kemudian cantumkan pihak – pihak yeng terlibat dalam pengalihan kuasa. Pertama tulis profil pemberi kuasa kemudian tulis juga profil penerima kuasa.
3. Perihal surat kuasa, bisa berupa apakah pelimpahan kuasa pengambilan gaji, pengambilan cek, pengambilan barang , atau lain sebagainya. setelah itu tulis profil penerima kuasa.
3. Penutup surat
4. Tanggal dan tempat pembuatan surat
5. Tanda tangan dan nama terang pemberi kuasa dan penerima kuasa
6. Jangan lupa untuk menempel materai pada surat kuasa.
Sebagai contoh surat kuasanya adalah sebagai berikut:

SURAT KUASA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama          : ( pemberi kuasa )
Pekerjaan    : ( pemberi kuasa)
Alamat         : ( pemberi kuasa)

Dalam hal ini bertindak atas jabatanya tersebut berdasarkan _________ dengan demikian sah mewakili ( organisasi, perusahaan), menerangkan bahwa dengan ini memberi kuasa kepada :

Nama          : ( penerima kuasa )
Pekerjaan    : ( penerima kuasa)
Alamat        : ( penerima kuasa)

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa dengan demikian mewakili (sebutkan untuk hal apa kuasa tersebut diberikan dan untuk tujuan apa)
Demikian surat kuasa ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Mei, ______2011
Penerima Kuasa                                                                       Pemberi Kuasa
Materai
(______________)                                                             (_______________)
Contoh surat kuasa tersebut dapat diaplikasikan ke berbagai bentuk, misalnya dapat diaplikasikan ke dalam contoh surat kuasa khusus, contoh surat kuasa umum, contoh surat kuasa jual beli, pengambilan uang di bank, pengambilan barang, pengambilan gaji, substitusi, pengankutan, penagihan hutang, dan lain sebagainya. Anda tinggal mengedit dan mengisikan berbagai jenis keperluan yang anda akan berikan kuasa. Demikian mungkin info mengenai contoh surat kuasa yang dapat di sampaikan semoga dapat membantu anda dalam membuat surat kuasa.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...